Citilink Targetkan Tingkat Keterisian Penerbangan ke China 85%

PADA akhir Oktober 2018 nanti, maskapai penerbangan low cost carrier (LCC) Citilink bakal membuka rute reguler ke China. Sebelumnya, Citilink baru melayai rute charter ke negeri tirai bambu tersebut.

Menurut Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, penerbangan rute China dinilai potensial dari segi tingkat keterisian. Targetnya minimal terisi 85%. Untuk tahap awal, rute yang dibuka adalah Jakarta-Xiamen (pp), Jakarta-Kunming (pp), dan Jakarta-Nanjang (pp). Setelah itu, nanti akan ditambah dari Denpasar dan Manado pada tujuan tersebut.

“Adapun ketiga kota tujuan Citilink itu dikategorikan sebagai kota kedua atau secondary city. Juliandra menjelaskan Citilink tidak menargetkan untuk membuka tujuan kota besar seperti Beijing dan Shanghai. Sebab, dua kota itu sudah diisi oleh perusahaan induk, Garuda Indonesia,” ujarnya.

Dikatakan, ke depannya juga kita akan buka rute-rute China yang secondary city. Karena pada tahun lalu, wisatawan China yang datang ke Indonesia sebanyak 1,9 juta.

“Pada tahun ini, Kementerian Perhubungan menargetkan pertumbuhan wisatawan dari China naik 45%. Tingginya permintaan itulah, merupakan salah satu alasan Citilink membuka rute ke China,” katanya. [photo special]