INACA Bantah Tarif Mahal ke Daerah Bencana sebagai Kenaikan Tarif

ADALAH Indonesia National Air Carriers Association (INACA) yang mengklaim naiknya harga pembelian tiket penerbangan ke daerah bencana dan kecelakaan bukan karena kenaikan tarif.

Menurut Bayu Sutanto, Ketua Penerbangan Berjadwal INACA mengatakan itu bukan kenaikan tarif tapi calon penumpang tersebut kedapatan subclasses yang tinggi karena harga tiket subclasses yang rendah sudah habis.

“Harga tersebut masih tidak bisa dikatakan sebagai kenaikan tarif mengingat tarif batar atas (TBA) adalah 30% dari tarif batas bawah (TBB). Dan harga tiket sekarang masih di TBB ko. Jadi belum ya, belum ada isu kenaikan tarif," ujarnya.

Dikatakan, selain itu, kalaupun harga subclasses nya tinggi itu terjadi ketika permintaan sedang tinggi. Jadi kalau permintaannya sedang banyak sudh merupakan hal wajar jika dinaikkan.

“Untuk informasi saja, jika penumpang ingin mendapatkan harga murah, sebaiknya melakukan pemesanan tiket pesawat minimal dua minggu sebelum keberangkatan. Pesan dari jauh hari kalau bisa satu bulan sebelumnya agar bisa mendapat subclasses yang murah," katanya. [kontan.co.id/photo special]