Kemenpar-Telkomsel Luncurkan simPATI Tourist Wonderful Indonesia

SEMANGAT Indonesia Incorporated menjadi faktor penting dalam kemajuan pariwisata Indonesia. Sinergi antara lima unsur pentahelix yang terdiri dari Academician, Business, Community, Government, dan Media (ABCGM) dapat mempercepat pencapaian target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman).

Menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya pada acara Penandatanganan Perjanjian Kerjasama dan Peluncuran simPATI Tourist Wonderful Indonesia di Gedung Telkomsel Smart Office Jakarta mengatakan salah satu bentuk kolaborasinya adalah peluncuran simPATI Tourist Wonderful Indonesia oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama dengan Telkomsel. Apalagi, kedua brand ini memiliki brand value yang tinggi sehingga kolaborasi ini sangat powerful.

“Wonderful Indonesia menempati peringkat 47 dunia dan Telkomsel adalah most valuable brand kedua terkuat di Indonesia. Dua brand yang kuat ini akan saling mengangkat brand. Saling endorse. Karena itu, sepertinya simPATI Tourist Wonderful Indonesia ini akan meledak,” ujar Arief Yahya.

Dikatakan, telekomunikasi merupakan salah satu faktor penting dalam kemajuan pariwisata. Lebih dari 70% customer adalah digital traveller. Starter pack (kartu perdana) simPATI Tourist Wonderful Indonesia ini memiliki desain khusus dengan spesifikasi layanan yang disesuaikan dengan kebutuhan wisman saat travelling ke Indonesia. Apalagi Telkomsel memiliki jaringan terluas dan menjangkau destinasi wisata yang sebagian besar ter-cover 4G.

“Selama 14 hari wisatawan hanya bayar Rp100 ribu. Bila dihitung value-nya, starterpack ini setara Rp360 ribu namun hanya dijual Rp100 ribu. Goal-nya adalah Price Competitiveness. Sehingga semakin banyak wisatawan yang datang ke Indonesia. Bahkan sebelum diluncurkan, travel agent di China telah memesan 30 ribu starter pack ini,” katanya.

Ditambahkannya, benefit lainnya, staterpack SimPATI Tourist Wonderful Indonesia juga memungkinkan untuk mengambil data trevellers dari berbagai sumber online, profiling dan segmentasi data traveller. Data customer profilling itu membutuhkan narasumber sehingga memudahkan segmentasi customer untuk advertising. Hal ini sangat menguntungkan karena pendapatan dari advertising ini lebih besar dari pendapatan dari Telekomunikasi.

Sementara Presiden Direktur Telkomsel, Ririek Ardiansyah mengatakan peluncuran simPATI Tourist Wonderful Indonesia ini merupakan bentuk kontribusi Telkomsel kepada pariwisata Indonesia. Telkomsel telah meng-cover minimal 3G untuk destinasi pariwisata, dan sebagian besar sudah 4G. Dengan peluncuran ini diharapkan menjadi bentuk kontribusi kita pada kemajuan pariwisata Indonesia. Terima kasih Kemenpar karena memberikan kesempatan ini.

‘SimPATI Tourist Wonderful Indonesia memiliki 11 desain eksklusif sesuai dengan 11 destinasi wisata di Indonesia. Kartu perdana ini bisa didapatkan pada mitra pariwisata nasional yang berhubungan dengan wisman, dengan harga Rp100.000 yang berisi 10 GB kuota internet, 300 menit layanan suara serta 300 SMS yang dapat digunakan antar operator internasional maupun domestik dengan masa berlaku selama 14 hari. Dengan menggunakan simPATI edisi spesial ini, wisatawan juga dapat melakukan pembelian ulang paket yang tersedia dengan harga Rp50.000 hingga Rp100.000 melalui aplikasi MyTelkomsel maupun menu akses *363#,” ungkap Ririek.

Acara peluncuran dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara Telkomsel dan Kemenpar yang ditandatangani oleh Ni Wayan Giri Adnyani sebagai Plt. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I dan Sukardi Silalahi, selaku Direktur Sales Telkomsel. Peluncuran ‘SimPATI Tourist Wonderful Indonesia’ ditampilkan oleh empat orang Putri Pariwisata. Starter pack ini memiliki 11 desain eksklusif sesuai dengan 11 destinasi wisata di Indonesia, yaitu Danau Toba, Morotai, Wakatobi, Labuan Bajo, Mandalika, Bromo, Candi Borobudur, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, dan Tanjung Kelayang. [traveltext.id]