The Mark Hotel Tawarkan Paket Menginap Rp1,13 Miliar Semalam

ADALAH The Mark Hotel, sebuah hotel yang terletak di Pulau Manhattan, New York, Amerika Serikat menawarkan paket hotel termahal di Amerika, yakni US$75.000 (Rp1,13 miliar) per malam.

Menurut Olivier Lordonnois, General Manager Mark Hotel, mengatakan hotel yang dibangun pada 1927, hotel yang ikonik ini mengalami renovasi besar dari 2006 hingga 2009. Sementara, eksterior bersejarah tidak tersentuh, seluruh bagian dalam gedung diubah dengan interior yang dirancang ulang oleh desainer terkenal Jacques Grange.

“Terletak di lantai 16 dan 17, ruang interior 10.000 kaki persegi dirancang oleh Grange dengan menawarkan lima kamar tidur, empat perapian, enam kamar mandi, dan dua bar. Bahkan ruang tamu dengan langit-langit setinggi 26 kaki terletak di sudut menara gedung dan cukup besar untuk diubah menjadi grand ballroom berukuran penuh. Di luar, terdapat teras atap seluas 2.500 kaki persegi yang menghadap ke Central Park,” ujar Lordonnois.

Dikatakan, kendati demikian penthouse ini terbilang tidak baru, namun ini pertama kalinya tersedia untuk disewakan.

“Sebelum cat kering setelah renovasi, kami memiliki seseorang yang tertarik untuk menyewa itu sebagai apartemen sehingga tidak pernah dipublikasikan, bahkan di website. Memang sudah ada sebuah keluarga yang menyewanya selama 16 bulan dan mendapatkan potongan harga karena masa tinggal yang diinginkan,” katanya.

Ditambahkannya, jika dihitung dengan harga yang diberitahu saat ini, nilai sewa selama 16 bulan sekitar US$36,5 juta (Rp549 triliun). Ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan membeli townhouse 10.000 kaki persegi seharga US$24,75 juta (Rp372 triliun).

Namun ketika disinggung tentang harga, Lordonnois menunjuk pada rivalnya, penthouse Ty Warner di Four Seasons sebagai perbandingan. Suite itu seluas 4.500 kaki persegi, memiliki empat teras, tetapi hanya satu kamar tidur dan dibanderol dengan harga US$50.000 per malam.

“Kami tidak menetapkan harga penthouse ini pada tingkat yang sama karena jauh lebih besar. Plus para tamu mendapatkan semua layanan The Mark Hotel yang menakjubkan. Bahkan di kelas mewah yang sama, Plaza menawarkan 4.500 kaki persegi, tiga kamar Royal Suite dengan harga US$40.000 per malam. Hotel ini memiliki perlengkapan emas 24 karat di kamar mandi dan menawarkan ruang kebugaran lengkap dan dapur koki,” ungkapnya.

Dijelaskannya kembali, sementara, Mandarin Oriental menawarkan dua kamar tidur berukuran 3.300 kaki persegi dengan koleksi seni kontemporer yang dikuratori oleh majalah Whitewall, seharga US$36.000 per malam. Tamu yang berminat harus menelepon untuk pemesanan karena tidak muncul di website-nya. 

“Dari perspektif penjualan, suite tersebut mengurangi inventaris dan menaikkan tingkat hunian keseluruhan. Saya juga katakan, tingkat okupansi untuk penthouse saat ini berkisar sekitar 50%,” tuturnya. [Bloomberg/photo special]