Pham Vinh Quang: Vietnam Tawarkan Direct Flight ke Bali

ADALAH Duta Besar Vietnam untuk Indonesia Pham Vinh Quang yang menawarkan beberapa kemungkinan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia khususnya Bali.

“Bali dan Vietnam mempunyai kemiripan budaya yang unik, dimana keduanya sama-sama mendapat pengaruh budaya dari China pada masa lalu. Kami ingin memperkuat kerjasama dengan Indonesia terutama Bali melalui hubungan sister city,” ujarnya.

Dikatakan, pada 2020 pemerintah Vietnam menargetkan 13 juta kunjungan wisatawan, masih lebih rendah dari target Indonesia yang mencapai 20 juta pada 2019.  Kunjungan wisatawan ke Vietnam semakin tahun semakin meningkat, sehingga pihak kami sangat optimis akan tercapai.

“Mengenai hubungan sister city, saya menawarkan Ho Chi Min City dengan Bali megingat keduanya merupakan ikon pariwisata. Sebelumnya saya sudah sempat menawarkan Jakarta dengan Hanoi untuk memperkuat hubungan melalui program sister city, mengingat keduanya adalah ibukota masing-masing negara,” kata Vinh Quang.

Ditambahkannya, untuk membuktikan keseriusan rencana tersebut, pihak kami bahkan sudah bicara dengan Kementerian Perhubungan terkait dengan dibukanya penerbangan langsung dari Vietnam ke Bali. Karena, semakin tahun wisatawan yang datang ke Bali semakin meningkat. Ke depan Vinh Quang juga berencana akan membuka Vietnamesse Corner di Bali sebagai alternatif karena Konsulat Jenderal Vietnam belum di buka di sini.

“Adapun moto pembangunan kami di Vietnam adalah TTI yaitu Trade, Tourism dan Industry, jadi kami ingin memperkuat kerjasama di bidang 3 elemen itu dengan Bali. Ke depan saya juga ingin mengundang Anda untuk datang ke Ho Chi Min City,” jelasnya. [antaranews/photo special]