Zulkieflimansyah: Lombok Disinggahi Lebih 11 Kapal Pesiar

LEBIH dari 11 kapal pesiar (cruise) yang mengangkut ratusan hingga ribuan penumpang akan singgahi Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, selama 2019 untuk menikmati keindahan alam.

Menurut Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Zulkieflimansyah mengatakan di Mataram, mengatakan setidaknya 11 kapal pesiar ini akan singgah di Lombok untuk mengisi paket one day tour, selama satu hari di pulau itu. Tour satu hari ini mereka akan mengelilingi sejumlah destinasi wisata di Pulau Lombok.

“Sejumlah destinasi yang menjadi favorit dikunjungi para wisatawan itu, antara lain taman wisata Narmada, Lingsar, Gili Nanggu dan kerajinan gerabah Banyumulek yang kesemuanya berada di Kabupaten Lombok Barat. Selanjutnya, Museum NTB di Kota Mataram, dan kawasan wisata Tiga Gili (Trawangan, Air dan Meno) yang berada di Kabupaten Lombok Utara,” ujar Gubernur Zulkieflimansyah.

Dikatakan, jadi sebelum kembali berlayar mereka ini akan melakukan perjalanan wisata seharian ke destinasi-destinasi itu. Dari 11 kapal pesiar tersebut tiga di antaranya sudah sandar di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat pada awal 2019.

“Dimulai dari 1 Januari dengan membawa 200 orang penumpang. Tanggal 2 Januari dengan membawa 1.180 penumpang dan pada 3 Januari ini dengan membawa kapasitas penumpang 280 orang. Nanti pada bulan Februari kembali kapal pesiar akan singgah di Lombok dengan membawa penumpang sekitar 3.000 orang," katanya.

Ditambahkannya, terdapat tiga kapal pesiar yang datang singgahi Lombok di awal 2019. Kapal pesiar itu, antara lain MV Star Legend dengan membawa 200 orang wisatawan mancanegara (wisman). Kapal tersebut tiba di Pelabuhan Lembar pada 1 Januari 2019 setelah sebelumnya singgah di perairan Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

"Kapal pesiar MV Star Legend sudah berlayar ke Benoa di Bali, dan akan datang lagi ke Lombok pada 3 Januari 2019, tapi dengan penumpang wisman yang berbeda. Kapal pesiar lainnya, adalah MV Aida Vita dengan membawa 426 orang anak buah kapal dan sebanyak 1.179 wisman yang usianya rata-rata di atas 60 tahun. Kapal pesiar mewah tersebut juga sempat singgah di Pelabuhan Komodo, sebelum ke Pulau Lombok,” ungkapnya. [photo special]